Berita

Kepala Kankemenag menjadi Narasumber dalam kegiatan Penguatan Kerukunan Umat Beragama

Jumat, 26 Juli 2024 21:48 WIB
  • Share this on:

Pulau Tidung (Humas) -- Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kepulauan Seribu, H. Mawardi menjadi narasumber pada kegiatan Peningkatan Kerukunan Umat Beragama (PKUB) yang diselenggarakan di Aula Kantor Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan. Jum'at, (26/07/2024).

Kegiatan tersebut diinisiasi oleh Suku Badan Kesbangpol Kabupaten Adm. Kepulauan Seribu, yang dihadiri oleh peserta dari unsur Pemkab Adm. Kepulauan Seribu, unsur Ormas Keagamaan serta tokoh masyarakat Kabupaten Kepulauan Seribu.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kepulauan Seribu, H. Mawardi sebagai narasumber menyampaikan materi tentang Penguatan Moderasi Beragama dan Peran Tokoh Agama dalam menjaga kerukunan masyarakat untuk mensukseskan Pemilu/Pemilukada Tahun 2024.

Menurutnya, partisipasi aktif tokoh agama sangat penting dalam mendukung kelancaran jalannya pemilu. Tokoh agama dapat mempengaruhi masyarakat dalam menyukseskan pemilu.

"Peran tokoh agama sangat penting, karena kemampuan mempengaruhi masyarakatnya untuk ikut serta dalam pemilu. Partisipasi aktif tokoh agama sangat membantu menyukseskan jalannya pemilu," ujarnya.

Sedangkan Moderasi Beragama menurutnya pada intinya bagaimana dalam kehidupan pentingnya toleransi, saling menghormati dan menghargai perbedaan baik individu atau kelompok berbeda agama, dengan tujuan terwujudnya kehidupan yang harmoni dan damai dalam masyarakat.

"Moderasi beragama merupakan perekat antara semangat beragama dan komitmen berbangsa. Di Indonesia, beragama pada hakikatnya adalah ber-Indonesia dan ber-Indonesia itu pada hakikatnya adalah beragama selain itu, Moderasi Beragama menjadi sarana mewujudkan kemaslahatan kehidupan beragama dan berbangsa yang harmonis, damai dan toleran sehingga Indonesia maju", tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kemenag Kabupaten Kepulauan Seribu, H. Mawardi juga mengajak seluruh masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dengan bijak dan berdasarkan hati nuraninya.

"Kepada masyarakat, manfaatkan hak pilihannya dengan bijak dan berdasarkan hati nurani masing-masing. Karena setiap suaranya sangat berarti bagi masa depan bangsa dan negara kita," Ucapnya.

Lebih lanjut, H. Mawardi mengatakan bahwa peran tokoh agama dan tokoh masyarakat dalam mempromosikan moderasi beragama di Indonesia khususnya di Kabupaten Kepulauan Seribu sangat penting.

"Secara keseluruhan, moderasi beragama memainkan peran yang sangat penting dalam menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pemilu yang damai, adil, dan didasarkan pada nilai-nilai demokrasi yang kuat. 

Ini membantu memastikan bahwa perbedaan agama di Indonesia menjadi aset yang memperkaya masyarakat, bukan sebagai sumber konflik selama pemilu, pada intinya kunci sukses stabilitas politik dalam pelaksanaan pemilu dan Pilkada adalah sinergitas dan keharmonisan", pungkasnya.

Kontributor:
Muhamad Ridwan S.A.P
Penulis:
Muhamad Ridwan, S.A.P

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB