Berita

Kakankemenag Hadiri Pelantikan PPIH Embarkasi Pondok Gede Jakarta Tahun 1445 H/ 2024 M

Minggu, 28 April 2024 22:26 WIB
  • Share this on:

Jakarta (Humas) -- Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kepulauan Seribu, H. Mawardi hadiri pelantikan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Pondok Gede, Jakarta Tahun 1445 H/ 2024 M dan mengikuti Meal Test  catering jamaah haji dalam penerbangan yang diselenggarakan bertempat di gedung SG3 UPT Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta. Minggu, (28/04/2024).

Hadir Dirjen PHU Kemenag RI, Hilman Latif untuk memimpin sekaligus melantik para Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH).

Dalam arahannya diacara tersebut, Hilman Latif menyampaikan harapannya terkait pelaksanaan ibadah haji tahun ini. ia menegaskan komitmen untuk menjaga kelancaran seluruh proses haji.

Jemaah akan masuk ke Asrama Haji mulai tanggal 11 Mei 2024. Jemaah Haji Kloter pertama akan diberangkatkan tanggal 12 Mei 2024. Untuk itu, kami mengharapkan PPIH embarkasi Pondok Gede yang sudah dilantik melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan ikhlas,” ujarnya.

Selain itu Hilman Latief mengungkapkan musim haji tahun 2024 ini adalah tahun kedua mengangkat tagline Haji Ramah Lansia. Program ramah lansia mencakupi seluruh pelayanan yang diberikan kepada jemaah haji.

 “Pemerintah Indonesia kembali mengangkat syiar Haji Ramah Lansia. Haji ramah lansia ini terimplementasikan di seluruh pelayanan, tidak hanya pelayanan di Tanah Air, tapi pelayanan di pesawat, di Arab Saudi, sampai layanan puncak haji,” ujar Hilman.

Hilman Latief menyebutkan program haji ramah lansia ini menjadi bagian dari legacy Presiden Joko Widodo. Oleh karena itu, sebagaimana pesan Menteri Agama ia pun meminta agar petugas benar-benar memberikan prioritas kepada jemaah lansia.

“Mulai layanan  kesehatan, pemberian living cost (uang saku), termasuk fasilitas akomodasi, katering, dan transportasi pada saat keberangkatan dari embarkasi ke bandara tolong berikan prioritas untuk lansia agar mereka berada di barisan paling depan. Terlebih, Menteri Agama menyampaikan program Haji ramah lansia dianggap sebagai legacy (warisan) Presiden,” pungkasnya.

Usai pelantikan, kegiatan dilanjutkan dengan meal test makanan jemaah haji yang disajikan selama penerbangan. Meal test ini untuk memastikan standarisasi makanan yang disajikan kepada jamaah haji, sesuai kriteria kebersihan dan kesehatan yang ada.

Kontributor:
Muhamad Ridwan S.A.P
Penulis:
Muhamad Ridwan, S.A.P
Fotografer:
Muhamad Ridwan, S.A.P

Kalender

Mei 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB